“Dzarirah” obat jerawat istri Rasulullah SAW

dzarirah

Untuk beberapa orang jerawat menjadi penyakit yang sangat menyebalkan. Orang yang mempunyai jerawat tidak percaya diri tampil di depan umum. Beragam cara pengobatan pun di upayakan untuk menghilangkan jerawat.

Nyatanya masalah jerawat bukan cuma menghinggapi dan dialami umat muslim pada umumnya. Salah satu istri Rasulullah SAW pun pernah mengalami penyakit yang disebabkan kotoran yang keluar dari dalam tubuh ini.

Dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim diriwayatkan, Siti Aisyah menceritakan bahwa dirinya yang memegang minyak wangi dzarirah membubuhi minyak itu kepada Rasulullah. Peristiwa itu terjadi pada hajjatul wada (haji perpisahan) untuk melakukan tahallul (mencukur rambut) dan ihram.

“Saya meminyaki Rasulullah SAW dengan tanganku dengan menggunakan Dzarirah (arum) pada haji wada selam ihram,” dikutip dari buku pintar kedokteran nabi karya Ibnu Qayyin al-jauziyah hal-152, terbitan PT Fathan Prima Media, Senin (23/6).

Berdasarkan hadits tersebut, maka untuk mengobati jerawat yang hinggap pada bagian tubuh ialah dengan cara memberikan minyak wangi dzarirah. Rasulullah SAW memang tidak menyebutkan bentuk jerawatnya secara spesifik.

Namun, tidak sedikit orang yang meyakini bahwa minyak wangi dzarirah dapat mencakup semua jenis penyakit jerawat.

Dzarirah merupakam obat India yang terbuat dari batang pohon arum. Sifat pohon arum yang mempunyai panas dan kering diyakini dapat menyembuhkan radang perut dan lever.

Nama lain Dzarirah yang termasuk dalam famili araceae ini adalah: Pacar Belanda, al-waj, dan ‘ud al-waja (Arab), Calamus dan grass myrle (Inggris), Agretirki (Persia), Vacha (Sansekerta), Bach (India, Urdu, Bengali), Vekhund (Gujarat), Swetbach (Bengali), Vasambu (Tamil).

Komposisi Kimiawi

Manfaat Medis

Penyebaran

1. Acoric2. Acid3. Azulene

4. Camphene

5. Choline

6. Cineole

7. Eugenol

8. Palmatic acid

9. Pinene

10. Tannin

11.Poycaccharide

1. Akar kering pacar belanda bermanfaat untuk insektisida

2. Akarnya sebagai obat liver

3. Akarnya sebagai obat sakit perut

4. Akarnya sebagai obat tumor pada buah pelir, rahim, dan vagina

5. Akarnya sebagai obat bengkak yang keras

6. Obat peluruh kentut

7. Obat penurun thyphus

1. Asia Barat

 

2. India

Sumber nash:

Aisyah berkata, ”Nabi Muhammad saw mendatangiku. Aku mempunyai bisul yang telah mengembang di jariku. Beliau saw bertanya kepadaku, ‘Apakah engkau punya pacar belanda (dzarirah)?’ Aku menjawab, Ya’. Baliau berkata, ‘Gunakanlah pacar belanda pada pada bisul dan berdoalah kepada Allah.” (HR. Hakim)

“Pada saat haji, aku (Aisyah ra) menggunakan pacar belanda pada pakaian ihram dan pada janggut Nabi saw.” (HR. Bukhari dan Muslim)

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic
“Guide us to the Straight Path” (QS 1:6)

Pos ini dipublikasikan di Ilmu dan Islam, Kisah Nabi & Sahabat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s