Kalimat Singkat Ini Yang Membuat Syetan Mengecil Seukuran Lalat

demon evil iblis setan hantu

Syetan dari golongan jin mempunyai ukuran tubuh tertentu. Ukuran itu bisa membesar dan mengecil. Ketika seseorang mengumpat dan mencelanya, syetan membesar sebesar rumah. Karenanya Rasulullah melarang mengumpati syetan.

Sebaliknya, Rasulullah mengajarkan sebuah kalimat singkat yang bisa membuat syetan mengecil menjadi seukuran lalat. Bacaan itu tidak lain adalah basmalah. Yakni membaca “bismillah” atau lengkapnya “bismillahirrahmaanirrahiim”.

Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Walid Abu Malih, ayahnya yang pernah dibonceng Rasulullah menceritakan:

كُنْتُ رَدِيفَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَعَثَرَتْ دَابَّتُهُ فَقُلْتُ تَعِسَ الشَّيْطَانُ . فَقَالَ لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

Ketika aku dibonceng Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam tiba-tiba unta beliau tergelincir. Serta merta aku mengatakan, “Celakalah syetan.” Maka beliau bersabda:

“Jangan kamu katakan, ‘celakalah syetan,’ sebab jika kamu katakan seperti itu maka syetan akan membesar sebesar rumah dan dengan sombongnya syetan akan berkata; ‘itu terjadi karena kekuatanku’.

Akan tetapi, ucapkanlah ‘Bismillah’ sebab jika engkau mengucapkan basmalah syetan akan mengecil hingga seukuran lalat.” (HR. Abu Dawud)

Inilah salah satu fadhilah (keutamaan) basmalah. Dalam Tafsir Al Qur’an al ‘Adhim, setelah mengetengahkan hadits ini Ibnu Katsir menjelaskan: “Demikian itu berkat kalimah bismillah. Karena itu, pada permulaan setiap perbuatan dan ucapan disunnahkan terlebih dahulu membaca basmalah.”

Betapa dahsyatnya kalimah basmalah, Hasan Bishri menjelaskan dalam buku Dahsyatnya Kekuatan Basmalah: “Jangankan syetan yang lemah dan pengecut, gunung yang besar dan kokoh pun luluh lantak bila diturunkan Al Qur’an kepadanya.”

Hadits tersebut juga mengajarkan kepada umat Islam agar tidak memperturutkan kemarahan dan emosi dengan mengumpat. Tidak pula diperkenankan mengaitkan musibah atau kecelakaan dengan keyakinan bahwa itu terjadi akibat ulah syetan.

Tetapi sandarkanlah kepada Allah dengan membaca nama-Nya, berlindunglah kepada-Nya dari gangguan syetan serta mara bahaya seraya meyakini bahwa tidak ada yang dapat melindungi kita dan tidak ada yang kuasa menimpakan bahaya kecuali Allah Azza wa Jalla.

Kata-Kata Yang Bisa Membuat Syetan Justru Membesar

Syetan dari golongan jin mempunyai ukuran tubuh tertentu. Ukuran itu bisa membesar dan mengecil. Ada sejumlah ucapan manusia yang bisa membuat syetan tiba-tiba membesar.

Sepatutnya, umat Islam mengetahui kata-kata yang bisa membuat syetan membesar agar bisa menghindarinya. Sebab seiring dengan membesarnya ukuran syetan, kekuatannya juga meningkat.

Inilah kata-kata yang membuat syetan membesar; mencela syetan atau mengumpatinya. Misalnya pada hadits tersebut “celakalah syetan” atau kata-kata sejenis seperti “syetan bangsat” dan “syetan alas”.

Ketika mengomentari hadits ini dalam Al Manaah asy Syar’iyyah fii Shahiih as Sunnah an Nabawiyyah, Syaikh Salim bin ‘Ied al Hilali menjelaskan bahwa diantara kandungan hadits ini adalah larangan mencela syetan atau mengatakan celaka karena hal itu akan membuat syetan semakin besar.

Menurut Hasan Bishri dalam buku Dahsyatnya Kekuatan Basmalah, kata-kata yang membuat syetan membesar bukan hanya terbatas pada kata yang dicontohkan dalam hadits tersebut. Tetapi juga pada setiap ucapan yang mengaitkan kejadian/musibah dengan ulah syetan.

“Oleh sebab itu” tulisnya, “janganlah selalu mengaitkan kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar kita atau musibah besar yang ada dengan ulah dan rekayasa syetan.”

Lalu bagaimana jika kita mengalami musibah atau kecelakaan? Jangan mencela atau mengumpat syetan tetapi bacalah bacalah basmalah atau berlindunglah kepada Allah (ta’awudz). Sebagaimana petunjuk Rasulullah:

بِسْمِ اللهِ

“Akan tetapi ucapakanlah ‘Bismillah’” (HR. Abu Dawud, lanjutan hadits di atas)

لاَ تَسُبُّوْا الشَّيْطَانَ وَ تَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنْ شَرِّهِ

“Janganlah kalian mencela syetan akan tetapi berlindunglah kepada Allah dari keburukannya.” (HR. Ad Dalimi, dishahihkan Al Albani)

Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan bermanfaat, aamiin. Jika bermanfaat marilah saling berbagi kebaikan dengan membagikan info ini kepada saudara seiman yang lainnya.

Wallahu a’lam bish shawab.

[Muchlisin BK/bersamadakwah]

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic
“Guide us to the Straight Path” (QS 1:6)

Pos ini dipublikasikan di Ilmu dan Islam, Kisah Nabi & Sahabat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s