Aida Hadzialic, Menteri Muslim Pertama Swedia

Aida Hadzialic-menteri-muslim-pertama-swediaPemerintah Swedia membuat gebrakan baru. Pemerintah menunjuk menteri muslim pertama di jajaran kabinet Perdana Menteri Stefan Lofven.

Seperti dilansir IBNLive, Menteri muslim bernama Aida Hadzialic itu adalah seorang imigran Bosnia muslim. Dia ditunjuk awal Oktober 2014 lalu untuk menjadi menteri di pendidikan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Swedia.

Wanita berusia 27 tahun ini adalah lulusan hukum di University of Lund. Sebelumnya, Hadzialic menjadi Deputi Walikota Halmstad saat usianya masih 23 tahun.

Lahir di Foca, Bosnia pada 1987, Hadzialic menjadi menteri termuda di sejarah pemerintahan Swedia. Hadzialic masih berusia lima tahun saat keluarganya mengungsi dan mencari suaka saat terjadi perang Bosnia-Herzegovina pada 1992.

Selama perang 43 bulan, hampir dua juta penduduknya meninggalkan rumah mereka dan setengah juta orang masih tercatat sebagai pengungsi. Swedia telah membuka pintunya untuk para imigran selama beberapa dekade itu.

Pada 2012, sekitar 43.900 pencari suaka datang ke Swedia. Hampir sebagian besar adalah imigran asal Suriah, Afghanistan dan Somalia.

Menurut laporan Departemen Negara AS pada 2011, dari 9 juta populasi penduduk Swedia, sekitar 450-500 ribu adalah muslim. (Ism, IBNLive)

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic
“Guide us to the Straight Path” (QS 1:6)

Pos ini dipublikasikan di Kisah Muslim. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s