Cara Unik Muslim Kanada Kenalkan Pesan Damai Islam

muslim-kanada-canada

Kampanye bernama Toronto Transit Commission (TTC) Islam itu bertujuan menjawab persepsi salah tentang Islam.

Untuk memperbaiki persepsi negatif tentang muslim dan Islam di Kanada, sebuah kampanye diluncurkan awal pekan ini di Toronto.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Islam bukan hanya agama di sebuah masjid. Ini adalah cara hidup,” kata Dina Kamal, salah satu penggagas kampanye dari Group of Mercy kepada The Globe and Mail, Kamis 3 Juni 2014.

Kampanye bernama Toronto Transit Commission (TTC) Islam itu bertujuan menjawab persepsi salah tentang Islam. Salah satunya seperti disampaikan oleh media melalui film bernuansa fitnah “Innocence of Muslims”.

“Banyak muslim bereaksi berlebihan (akan film tersebut),” kenang Kamal tentang kemarahan umat Islam di seluruh dunia setelah rilis film tersebut pada 2012.

“Reaksi Nabi Muhammad tidak akan seperti itu. Kadang-kadang orang-orang menghinanya dan ia mengabaikan mereka karena ia fokus pada tujuan yang lebih besar,” ujar Kamal.

Salah satu pendiri Group of Mercy ini menambahkan kegiatan pertama kelompok itu adalah mendistribusikan bunga pada Hari Ibu, dengan pesan ayat-ayat Alquran tentang nilai keluarga.

“Aku pikir itu tidak mungkin,” kata Kamal. “Tapi jika Anda memiliki tujuan dan Anda ingin mencapai itu, Anda akan mencapainya. Ini prinsip yang aku percaya.”

Banyak yang skeptis dengan kampanye ini. Mereka menuduh dana kampanye ini hanya untuk kegiatan PR daripada amal.

Disponsori oleh Salaheddin Islamic Centre di Scarborough bersama dengan sumbangan individu, iklan kampanye Group of Mercy dapat ditemukan di Queen, Spadina, Eglinton dan Yorkdale.

Selain itu juga dapat ditemukan di Sheppard, Finch, Kennedy dan stasiun kereta bawah tanah Islington dari awal Ramadan sampai akhir.

Kampanye ini fokus pada beberapa topik seperti keuangan, hubungan, masyarakat, dan kesehatan. Beberapa di antaranya mengutip sabda Nabi Muhammad tentang menghemat air yang bunyinya “Jangan buang air bahkan jika Anda berdiri di tepi sungai yang mengalir”.

Islam adalah komunitas agama paling cepat berkembang di Kanada, menurut badan statistik negara itu.

Populasi muslim Kanada meningkat sebesar 82 persen selama dekade terakhir, dari sekitar 579.000 pada 2001 menjadi lebih dari 1 juta pada 2011.

Survei yang melibatkan hampir tiga juta orang Kanada menunjukkan bahwa umat Islam mewakili 3,2 persen dari total penduduk Kanada, naik dari 2,0 persen yang tercatat di sensus 2001. (Ism, Dream/The Globe and Mail)

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic
“Guide us to the Straight Path” (QS 1:6)

Pos ini dipublikasikan di Islam di Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s