Ilmuwan Ungkap Kekuatan Doa Bersama, Seberapa Dahsyat?

muslimah_berdoa

Doa memiliki fungsi ‘menjembatani praktik budaya’ dalam entitas kelompok masyarakat yang beragam. Termasuk doa bersama lintas umat beragama.

Jangan remehkan kekuatan doa, terlebih jika dilakukan bersama. Itulah yang menjadi hasil dari sebuah studi terbaru yang dilakukan sosiolog di University of Connecticut, Amerika Serikat.

Dari hasil studi yang dilakukan Ruth Braunstein, profesor sosiologi Universitas Connecticut, bersama dua pakar sosiologi lain, Richard L.Wood (University of New Mexico) dan Brad R Fulton (Duke University), disimpulkan doa memiliki fungsi ‘menjembatani praktik budaya’ dalam entitas kelompok masyarakat yang beragam. Termasuk doa bersama lintas umat beragama.

“Praktek-praktek doa memainkan peran penting dalam mengikat peserta bersama-sama di seluruh perbedaan ras dan sosial ekonomi yang signifikan,” kata Braunstein.

Saat melakukan studi, ketiganya mengamati praktik doa bersama pada kelompok masyarakat dan organisasi yang beragam secara ras maupun status sosial ekonomi.

“Itu mendorong individu untuk berinteraksi satu sama lain,” imbuh dia.

Mereka juga menganalisis praktik doa bersama dari data yang dikumpulkan Studi Nasional Koalisi Masyarakat Berbasis Keimanan. Hasilnya, praktik keagamaan justru jauh sebagai sumber perpecahan.

“Justru itu memainkan peran pemersatu, yang mencakup lintas tradisi keimanan seperti Kristen, Yahudi dan Islam,” jelas Braunstein.

Kata Braunstein, selama pengamatan dua tahun, ditemukan doa kelompok lintas agama menghiasi sekitar 75 persen dari pertemuan keragaman antar entitas masyarakat dan organisasi. Doa diyakini menjadi aktivitas yang membangun identitas bersama di atas perbedaan.

Meski begitu, tak dipungkiri praktik doa bersama masih tak disukai oleh kelompok keagamaan konservatif. Tapi ada cara lain untuk bisa menyatukan kekuatan bersama tanpa melalui kekuatan berbasis praktik agama. Misalnya ritual berbagi makanan, bermain olahraga atau membaca literatur bersama. (Ism, Dream, Sumber: Today.uconn.edu)

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic
“Guide us to the Straight Path” (QS 1:6)

Pos ini dipublikasikan di Ilmu dan Islam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s