Ilmuwan: Sejak Lahir Anak-anak Sudah Percaya Tuhan

anak doa berdoa

Mereka juga yakin bahwa segala sesuatu yang diciptakan ada tujuannya. Anak-anak lebih cenderung percaya pada penciptaan daripada evolusi, terlepas dari mereka sudah diajari sebelumnya.

Justin Barrett, seorang peneliti senior di Centre for Anthropology and Mind di Universitas Oxford mengklaim bahwa di usia muda, manusia cenderung memiliki keyakinan adanya Sang Pencipta. Mereka juga yakin bahwa segala sesuatu yang diciptakan ada tujuannya.

Barrett menambahkan, anak-anak memiliki iman bahkan ketika mereka belum diajarkan tentang hal itu oleh keluarga atau di sekolah.

“Bukti ilmiah selama 10 tahun terakhir atau lebih telah menunjukkan bahwa anak-anak lebih banyak mengembangkan pikirannya sendiri dari yang pernah kita ajarkan,” kata dia kepada program BBC Radio 4, Kamis 26 Juni 2014.

Mereka cenderung melihat dunia dan alam dirancang sesuai dengan fungsinya masing-masing dan ada makhluk cerdas berada di belakangnya. Barrett bahkan berani memastikan mereka tetap akan percaya Tuhan meskipun berada dan besar di sebuah pulau terpencil.

Disebutkan ada bukti bahwa di usia empat tahun, anak-anak memahami bahwa meskipun ada beberapa benda dibuat oleh manusia, dunia dan alam seisinya berbeda.

Dengan demikian, tambah Barrett, anak-anak lebih cenderung percaya pada penciptaan daripada evolusi, terlepas dari mereka sudah diajari sebelumnya.

Bahkan menurut Barrett, ahli antropolog yakin dalam beberapa budaya, anak-anak percaya pada Tuhan meski mereka tidak mendapat ajaran agama.

“Selama berkembang, anak-anak meyakini penciptaan ilahi dan desain yang cerdas. Sebaliknya, evolusi terlihat tidak alami bagi pikiran manusia, relatif sulit dipercaya,” kata dia. (Ism, Dream/BBC Radio 4).

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic
“Guide us to the Straight Path” (QS 1:6)

Pos ini dipublikasikan di Ilmu dan Islam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s