Majalah Baru Rusia Kupas Kisah Muslim

magazine russian_muslims islam in russia

Majalah Rusia berbahasa Arab pertama yang memberikan informasi akurat tentang Islam dan Muslim di Rusia telah diluncurkan.

“Dengan nama ‘Islam di Rusia’ adalah majalah berbahasa Arab pertama untuk Muslim Rusia,” ujar kepala editor Dr. Riad Mustafa pada hari Senin (22/10/2012) lalu.

“Majalah itu mencakup isu-isu internal di Rusia serta mengupas aktivitas dan masalah yang dihadapi komunitas Muslim dan Arab di Rusia.”

Dengan edisi pertama yang masuk ke pasaran sejak awal bulan Oktober 2012 lalu, majalah itu menawarkan jendela untuk mengetahui lebih baik tentang minoritas Muslim di Rusia.

“Majalah ini menarget elit terpelajar Muslim, yang ingin tahu lebih banyak tentang Rusia dan mendapatkan informasi akurat tentang Muslim Rusia,” ujar Dr. Mustafa.

“Majalah ini juga menarik perhatian pada peran Arab di Rusia dan upaya Rusia menyokong hubungan dengan negara-negara Arab,” tambah Mustafa, seorang koresponden TV yang bekerja untuk beberapa media Arab dan Rusia.

Majalah itu adalah buah pemikiran Dr. Mustafa dan dua koleganya setahun lalu. “Majalah ini pertama kali dipublikasikan sebagai koran bulanan, tapi berhenti beberapa kali karena kekurangan dana,” ujarnya. “Tapi kali ini kami memutuskan untuk mengubahnya menjadi majalah bulanan.”

Majalah itu saat ini mendistribusikan 1000 eksemplar gratis ke kedutaan Arab dan Muslim di Rusia. Sejumlah eksemplar lain dikirimkan ke kementerian wakaf di negara-negara Arab dan Muslim.

“Kami berharap memperoleh pendanaan permanen untuk majalah ini memenuhi tujuan utamanya menjadi jembatan antara Muslim Rusia dan dunia Muslim dan Arab,” ujar Mustafa.

Majalah Islam di Rusia adalah tambahan baru untuk media Islam yang sudah berkembang di negara itu. “Terlepas dari barunya media Islam di Rusia, ia telah mengalami lonjakan dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Dr. Mustafa.

“Sekarang terdapat ratusan website dan koran serta majalah Islam dalam bahasa Rusia selain sebuah kanal TV, yang mengudara dua tahun lalu untuk mengupas isu-isu Muslim.”

Dr. Mustafa dan koleganya juga merencanakan untuk mengudara untuk mengupas masalah kaum Muslim. “Kami memiliki sebuah proyek untuk radio berbahasa Rusia, yang akan akan disiarkan di internet mulai tahun depan.” (rin/oi, suaramedia).

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic
“Guide us to the Straight Path” (QS 1:6)

Pos ini dipublikasikan di Berita Islam, Islam di Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s