Mariam Hassan Salem al-Mansouri, Muslimah Berhijab Pertama Pilot Jet Tempur F-16

Mariam Hassan Salem al-Mansouri 3

Usia Kapten Mariam masih relatif muda, baru 35 tahun. Namun dia sudah lihai mengoperasikan jet tempur F-16 Falcon. Hebatnya lagi, dia adalah komandan skuadron.

Mariam Hassan Salem al-Mansouri menjadi perempuan pertama yang menjadi pilot pesawat tempur di Angkatan Udara Uni Emirat Arab. Muslimah berhijab ini bahkan mungkin saja menjadi perempuan pertama yang menjadi pilot di negara-negara Teluk.

Mariam Hassan Salem al-Mansouri 2Usia Kapten Mariam masih relatif muda, baru 35 tahun. Namun dia sudah lihai mengoperasikan jet tempur F-16 Falcon, pesawat tempur bermesin tunggal. Hebatnya lagi, dia adalah komandan skuadron.

Mariam mulai bergabung dengan Angkatan Udara UEA tujuh tahun silam. Sejak kecil dia memang sudah berangan-angan menerbangkan jet tempur.

Keluarganya memberi dukungan penuh, dan akhirnya cita-cita itu terwujud.

Selama karier, Mariam telah ambil bagian dalam sejumlah operasi udara, termasuk dengan pilot-pilot dari negara sahabat. Manuver-manuver Mariam sudah tak diragukan lagi.

Karena prestasinya, Wakil Presiden UEA sekaligus peemimpin Dubai, Sheikh Mohamed bin Rashed al-Maktoum, menganugerahi Mariam dengan tanda kehormatan Mohammad Bin Rashid Excellence Award. Sebuah penghargaan untuk orang-orang berprestasi di UEA.

Mariam Hassan Salem al-Mansouri

Mariam merasa bangga mendapat penghargaan ini. Namun, dia tidak pernah merasa unggul dari siapa pun, termasuk dengan pilot-pilot pria di Angkatan Udara UEA. Mariam tak pernah merasa bersaing dengan orang lain.

“Ini tidak seperti bersaing dengan orang lain, bersaing dengan diri sendiri merupakan proses yang tidak pernah selesai dan ini merupakan sumber motivasi untuk terus belajar,” tutur Mariam dikutip dari Gulf News, Rabu 11 Juni 2014.

Selain pilot, Mariam juga merupakan lulusan sastra Ingris di Universitas UEA. Untuk lebih mengembangkan kemampuannya, dia juga bergabung dengan Khalifa Aviation College. (Ism, Dream dari Gulf News)

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic
“Guide us to the Straight Path” (QS 1:6)

Pos ini dipublikasikan di Kisah Muslim. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s