Artis Inggris, Myriam Francois-Cerrah, Peluk Islam Setelah Baca Alquran

Myriam Francois-Cerrah

Sebagai seseorang yang memiliki minat dalam filsafat, Alquran terasa seperti puncak dari semua ilmu tersebut.

Myriam Francois-Cerrah, seorang artis Inggris begitu terinspirasi dengan keteladanan Nabi Muhammad SAW, hingga dia akhirnya memutuskan memeluk Islam setelah lulus dari Cambridge University.

Dia pertama kali mengenal Islam melalui Alquran. Pendekatannya terhadap kitab suci umat Islam itu dibarengi dengan rasa kebencian. Itu dilakukan sebagai upaya untuk membuktikan kepada teman muslimnya bahwa apa yang mereka baca dan pelajari itu tidak benar.

Namun setelah dia membacanya dengan pikiran lebih terbuka, hatinya mulai dihinggapi kebimbangan. Surat pembuka Al Fatihah begitu menghunjam dirinya hingga secara psikologis hati dan pikirannya mulai terbuka.

Sebagai seseorang yang memiliki minat dalam filsafat, Alquran terasa seperti puncak dari semua ilmu tersebut. Kitab suci ini berhasil mengatasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan filosofis mendalam yang diajukan selama berabad-abad tentang eksistensi manusia, termasuk menjawab satu pertanyaan yang paling mendasar, ‘mengapa kita dilahirkan?’.

Keputusan Myriam memeluk Islam tidak lantas membuat hubungannya dengan teman-teman sebelumnya terputus. Beberapa teman dekat Myriam justru mendukung dan memahami keputusannya tersebut.

Myriam bahkan masih sangat dekat dengan beberapa teman masa kecilnya. Melalui merekalah, Myriam mengakui universalitas Islam sebagai nilai-nilai Tuhan yang bersinar melalui perbuatan baik yang dilakukan umat manusia, baik muslim atau non-muslim.

Myriam melihat Nabi Muhammad sebagai seorang pria ditugasi misi penting, seperti para pendahulunya, Musa, Yesus dan Ibrahim.

Dalam mempelajari kehidupan Nabi Muhammad, Myriam harus memilah-milah informasi yang akurat yang kadang disisipi fitnah dari para orientalis.

Myriam teringat satu pesan Nabi Muhammad yang berbunyi, “Maafkan orang yang bersalah padamu. Kunjungi orang yang telah memutus persaudaraan dengan kamu. Berbuat baiklah kepada orang yang berbuat jahat kepadamu dan berbicaralah jujur meskipun itu menyakitkan hatimu.”

Bagi Myriam, pesan tersebut telah merepresentasikan keindahan agama Islam. Islam adalah tentang keseimbangan. Dan menurut Myriam, pesan Rasulullah itu secara fundamental memiliki keseimbangan dalam segala hal yang kita lakukan.

Keindahan Islam bisa muncul jika nilai-nilai dan tuntunannya benar-benar dijalankan. Dan jika sudah dijalankan maka itu akan menjadi alat untuk memajukan masyarakat, umat manusia bahkan dunia.

Myriam Francois-Cerrah menjadi populer setelah ikut bermain dalam film yang hit tahun 90an Sense and Sensibility. Kini dia menjadi lebih terkenal sebagai salah satu wanita terpelajar kelas menengah di Inggris yang memeluk Islam.

Baru-baru ini, Myriam memberikan kontribusinya untuk serangkaian video tentang Islam yang diproduksi di Inggris berjudul Inspired by Muhammad. (Sumber: Onislam.net/Dream)

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic
“Guide us to the Straight Path” (QS 1:6)

Pos ini dipublikasikan di Muallaf Non-Indonesia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s