Masjid Jamme, dari Bangunan Gereja Jadi Pusat Islam di London

masjid-jamme-dari-gereja-beralih-jadi-pusat-islam-di-london

Masjid Jamme Brick Lane yang terletak di London ini merupakan salah satu masjid berpengaruh di Inggris. Bangunan ini menyimpan segudang cerita dan sejarah imigrasi muslim ke Inggris.

Awalnya, Masjid Jamme ini bukan difungsikan sebagai tempat ibadah umat Islam. Berdiri tahun 1743, bangunan ini merupakan sebuah gereja Protestan yang kemudian berubah menjadi sebuah chapel bagi kaum Metodis.

Pada tahun 1976, barulah bangunan tua ini difungsikan sebagai Masjid Jamme London. Masjid ini menyimpan banyak cerita bagi muslim Inggris yang dibawa oleh imigran asal Bangladesh.

Masjid Jamme merupakan kombinasi dari teknologi modern abad 21 dan juga tradisi yang berabad-abad lamanya. Masjid ini sangat terkenal di sepanjang daratan Eropa dan merupakan pusat kegiatan umat muslim di London.

Dalam perkembangannya, masjid ini didukung penuh oleh komunitas muslim Inggris dan juga menyediakan beragam aktivitas yang diperuntukkan baik bagi muslim maupun non-muslim.

Ambisi dari Masjid Jamme adalah untuk menyebarkan Islam dan melayani komunitas muslim dengan baik serta untuk menghadirkan atau mengenalkan Islam ke masyarakat luas. Di sana terdapat banyak sekali literatur Islam yang bisa ditemukan.

Selain itu Masjid Jamme juga sangat aktif menggelar madrasah, diskusi, konferensi dan lain-lain. Komunitas muslim London dengan kuat menjadi penyokong kokohnya masjid ini. Pendanaan datang dari dana komunitas itu sendiri.

Selain sebagai tempat beribadah, Masjid Jamme juga ikut menyokong pendidikan anak muslim di London. Mereka mempunyai Mosque’s Mother Tongue School dan juga madrasah.

Masjid ini dilengkapi oleh empat kelas belajar yang biasanya digunakan oleh para guru di sana untuk mengajarkan baca Alquran dan juga kajian Islam.

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic

Pos ini dipublikasikan di Islam di Dunia, Tempat Ibadah dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s