Shimoyama Shigeru: Melalui Afrika, Saya Bertemu Islam

Shimoyama Shigeru

TOKYO — Usai bersyahadat, Shimoyama Shigeru tak mau menunggu lama untuk ambil bagian dalam menyebarkan pesan Islam. Panggilan berdakwah mengusik hatinya setelah mengunjungi Afrika.

Selama perjalanan itu, ia menemukan satu kunci keberhasilan dakwah Islam. Ia melihat interaksi antarmanusia merupakan solusi untuk meluruskan kesalahpahaman tentang Islam.

“Saya pikir, Jepang mewarisi pandangan Eropa yang bias tentang Islam,” ungkap dia seperti dikutip Nippon.com, Senin (17/6/13).

Sebagai contoh saja, kata dia, masyarakat Jepang sangat akrab dengan ungkapan “entah Al-Quran atau pedang”. Ungkapan itu muncul setelah tragedi 9/11. “Saat itu, peliputan media internasional membuat Islam seperti mengintimidasi dan menakutkan,” kata dia.

Fakta itu mendorongnya untuk meluruskan kesalahpahaman ini. Ia dapat momentum tersebut ketika melakukan perjalanan dari sungai Nil ke Sudan. Di sana ia menemukan keramahan ketika perbedaan budaya memisahkannya dengan warga lokal.

Secara jujur, Shigeru mengaku terkejut ketika keramahan itu merupakan cermin ajaran Islam. “Melalui masyarakat Afrika, saya bertemu Islam,” kata dia. Kembali ke Jepang, ia bertemu mahasiswa Irak di Universitas Tokyo. Di sana, ia akhirnya memutuskan untuk menjadi Muslim.

“Kebaikan dan persaudaraan sesama Muslim membuatku merasa terikat dengan Islam. Pengalaman inilah menjadi titik awal bagaimana saya percaya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” kata dia.

Shigeru semakin berkesan dengan umat Islam ketika ia merasa ada keterikatan sesama Muslim ketika melaksanakan shalat berjamaah. (Sumber : Republika/ Nippon.com)

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic

Pos ini dipublikasikan di Muallaf Non-Indonesia dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s