Selama Ini, Beginilah Muslim Perlakukan Biksu Myanmar

rohingya headerDitengah konflik yang tengah berlangsung di Myanmar, sebuah foto interaksi antarumat Buddha dan umat Muslim muncul di laman Facebook. Foto tersebut memperlihatkan bagaimana Muslim Myanmar selama ini memberlakukan para biksu dengan baik.

Terlihat umat Islam memberikan sedekah kepada para biksu Buddha. Di bagian lainnya, terdapat keakraban antara ulama dengan biksu yang sedang menghadiri suatu acara.

Foto tersebut muncul di laman Facebook dengan akun ‘STOP Killing Muslims in Burma’. Pengelola akun tersebut memberi komentar di foto tersebut. “How Muslims handle with Buddhist monks. So why you hate them?

muslim-myanmarHanya saja, persahabatan yang terlihat di foto tersebut ternyata berbanding terbalik dengan realitas di Myanmar. Polisi Myanmar melaporkan, Selasa (30/4) kemarin, kerusuhan antar umat Muslim dengan mayoritas Buddha muncul di kawasan komersial kota Oakkan. Kota ini berjarak 100 kilometer utara Yangon, ibu kota Myanmar.

Sekelompok umat Buddha bersenjatakan batu merusak masjid dan kemudian menghancurkan puluhan toko kaum muslim. Pemicu kerusuhan ini hanya karena adanya isu seorang perempuan Muslim sengaja menabrak biksu Buddha yang sedang meminta di jalan.

Muncul pertanyaan besar yang belum terjawab, skenario apa yang sedang berlangsung di Myanmar. Haruskah muslim Myanmar yang begitu menjaga hubungan baik dengan kaum mayoritas, menjadi korban pembantaian. (asi/rol/Redaktur: Saiful Bahri/dakwatuna)

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic

Pos ini dipublikasikan di Islam di Dunia dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s