Pahala Puasa dan Shalat Malam di bulan Ramadhan

shalat ruku sujud 2

Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

“Sekiranya kalian mengetahui apa yang akan kamu dapatkan di bulan Ramadhan, niscaya kamu akan menambah rasa syukur kalian kepada Allah swt”.

Pada malam pertama Ramadhan :
Allah swt mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangunkan untuk kalian lima puluh ribu kota di surga.

Keutamaan Shalat tarawih pada malam 1:
Orang mukmin keluar dari dosanya, seperti ia dilahirkan oleh ibunya.

*

Pada hari kedua :
Allah swt mencatat setiap ibadah kalian seperti ibadah satu tahun dan pahalanya seperti pahala seorang nabi, mencatat puasa kalian seperti puasa satu tahun.

Shalat tarawih pada malam ke 2:
Ia diampuni, dan juga kedua orangtuanya jika mereka muslim.

*

Pada hari ketiga :
Allah swt memberi kalian setiap rambut di tubuh kalian taman permata yang indah di surga Firdaus, di atasnya dua belas ribu rumah dari cahaya, di bawahnya dua belas ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur ada bidadari, setiap hari seribu malaikat berkunjung dan setiap malaikat membawa hadiah untuk kalian.

Shalat tarawih pada malam ke 3:
Seorang malaikat berseru di bawah ‘Arsy, “Mulailah beramal ,semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat”.

*

Pada hari keempat :
Allah memberi kalian di surga Khuld tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana terdapat tujuh puluh ribu rumah, di setiap rumah terdapat lima puluh ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur terdapat bidadari, dan setiap bidadari memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala isinya.

Shalat tarawih pada malam ke 4:
“ia memperoleh pahala seperti pahala membaca kitab Taurat, Zabur, Injil dan Furqan (Al-Quran)”.

*

Pada hari kelima :
Allah swt memberi kalian di surga Al-Ma’wa beribu-ribu kota, setiap kota terdapat seribu rumah, di setiap rumah terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan tujuh puluh ribu tempat makanan, di setiap tempat makanan tujuh puluh macam makanan yang tidak sama satu dengan yang lain.

Shalat tarawih pada malam ke 5:
Allah SWT memberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah dan Masjidil Aqsha.

*

Pada hari keenam :
Allah swt memberi kalian di surga Darussalam seratus ribu kota, di setiap kota seratus perkampungan, di setiap perkampungan seratus ribu rumah, di setiap rumah seratus ribu tempat tidur dari emas yang panjang, setiap tempat tidur panjangnya seribu hasta, di atas tempat tidur terdapat bidadari sebagai pasangan yang berhias dengan tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah, dan setiap bidadari membawa seratus pelayan.

Shalat tarawih pada malam ke 6:
Allah SWT memberikan pahala seperti orang yang ber-thawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.

*

Pada hari ketujuh :
Allah swt memberi kalian di surga Na’im pahala seperti pahala seribu syuhada’ dan empat puluh ribu orang yang benar.

Shalat tarawih pada malam ke 7:
Seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa a.s. dan kemenangannya atas Fir’aun dan Haman.

*

Pada hari kedelapan :
Allah swt memberi kalian pahala seperti pahala amal enam puluh ribu ahli ibadah dan orang enam puluh ribu orang yang zuhud.

Shalat tarawih pada malam ke 8:
Allah SWT memberikan apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahim a.s

*

Pada hari kesembilan :
Allah Azza wa Jalla memberi kalian apa yang diberikan kepada seribu ulama, seribu orang yang i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.

Shalat tarawih pada malam ke 9:
Seolah-olah ia beribadah pada Allah SWT Sebagaimana ibadahnya Nabi Muhamad SAW

*

Pada hari kesepuluh :
Allah Azza wa Jalla memenuhi tujuh puluh ribu hajat, dan memohonkan ampunan untuk kalian matahari, bulan, bintang-bintang, binatang yang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan.

Shalat tarawih pada malam ke 10:
Allah SWT mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat

*

Pada hari kesebelas :
Allah Azza wa Jalla mencatat untuk kalian pahala seperti pahala empat kali orang yang haji dan umrah, setiap yang haji bersama seorang Nabi, dan setiap yang umrah bersama orang yang benar dan yang syahid.

Shalat tarawih pada malam ke 11:
Ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.

*

Pada hari kedua belas :
Allah Azza wa Jalla menjadikan bagi kalian keimanan yang dapat merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebaikan yang berlipat-ganda, dan mencatat bagi kalian setiap kebaikan seribu kebaikan.

Shalat tarawih pada malam ke 12:
ia datang pada hari Kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama.

*

Pada hari ketiga belas :
Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian pahala seperti pahala ibadah penduduk Mekkah dan Madinah, dan Allah memberi kalian syafaat sejumlah bebatuan dan bongkahan tanah liat yang ada di antara Mekkah dan Madinah.

Shalat tarawih pada malam ke 13:
ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.

*

Pada hari keempat belas :
Kalian seperti berjumpa dengan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Dawud dan Sulaiman, dan seperti beribadah kepada Allah Azza wa Jalla bersama setiap Nabi selama dua ratus tahun.

Shalat tarawih pada malam ke 14:
Para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya bahwa ia telah melakukan Shalat Tarawih, maka Allah SWt tidak akan menghisabnya pada hari kiamat nanti.

*

Pada hari kelima belas :
Allah Azza wa Jalla menunaikan untuk kalian hajat-hajat dunia dan akhirat, memberi kalian apa yang diberikan kepada Nabi Ayyub; para malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuk kalian; dan pada hari kiamat Allah Azza wa Jalla akan memberi kalian empat puluh cahaya, sepuluh cahaya dari sebelah kanan kalian, sepuluh dari sebelah kiri kalian, sepuluh dari depan kalian, dan sepuluh cahaya dari belakang kalian.

Shalat tarawih pada malam ke 15:
ia di Do’a kan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) ‘Arsy dan Kursi.

*

Pada hari keenam belas :
Allah swt akan memberi kalian pada hari kalian dibangkitkan dari kubur enam puluh pakaian untuk kalian pakai, enam puluh onta untuk kalian kendarahi, dan Allah swt mengirimkan awan untuk menaungi kalian dari sengatan panas hari itu.

Shalat tarawih pada malam ke 16:
Allah SWT menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari Neraka dan Kebebasan Masuk ke dalam Surga (Jannah).

*

Pada hari ketujuh belas :
Allah Azza wa Jalla menyatakan: “Sungguh Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka, Aku akan lindungi mereka dari azab hari kiamat”.

Shalat tarawih pada malam ke 17:
ia diberi pahala seperti pahala para Nabi.

*

Pada hari kedelapan belas :
Allah Azza wa Jalla memerintahkan malaikat Jibril, Mikail, Israfil, malaikat pemikul Arasy dan Al-Karubin agar memohonkan ampunan untuk ummat Muhammad saw sampai tahun berikutnya, dan Allah Azza wa Jalla memberikan pada kalian pahala para syuhada’ Badar.

Shalat tarawih pada malam ke 18:
Seorang Malaikat berseru,:Hai hamba Allah , sesungguhnya Allah Ridha kepadamu dan kepada Ibu Bapakmu.”

*

Pada hari kesembilan belas :
Semua malaikat langit dan bumi minta izin kepada Tuhannya untuk berziarah ke kuburan kalian setiap hari, dan setiap malaikat membawa hadiah dan minuman untuk kalian.

Shalat tarawih pada malam ke 19:
Allah SWT mengangkat derajat-derajatnya di dalam Surga Firdaus.

*

Pada hari kedua puluh :
Pada suatu hari Allah Azza wa Jalla mengutus kepada kalian tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk; Allah Azza wa Jalla mencatat untuk kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun; menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qu’an; Allah Azza wa Jalla mencatat untuk kalian setiap pena Jibril (as) sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur’an seribu bidadari.

Shalat tarawih pada malam ke 20:
Allah SWT memberikan pahala seperti pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan Shalihin (Orang-orang Shaleh)

*

Pada hari kedua puluh satu :
Allah swt meluaskan kuburan kalian seribu farsakh, menghilangkan dari kalian kegelapan dan kesepian, menjadikan kuburan kalian seperti kuburan para syuhada’, dan menjadikan wajah kalian seperti wajah Yusuf bin Ya’qub (as).

Shalat tarawih pada malam ke 21:
Allah SWT membangunkan untuknya sebuah gedung dari cahaya.

*

Pada hari kedua puluh dua :
Allah Azza wa Jalla akan mengutus kepada kalian malaikat maut seperti pada para Nabi saw, menyelamatkan kalian dari keganasan malaikat Munkar dan Nakir, dan menghilangkan dari kalian penderitaan dunia dan akhirat.

Shalat tarawih pada malam ke 22:
ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.

*

Pada hari kedua puluh tiga :
Kalian akan melintasi shirathal mustaqim bersama para Nabi, shiddiqin dan syuhada’, dan pahala kalian seperti memberi makanan kepada setiap anak yatim dari ummatku dan seperti memberi pakaian kepada setiap yang telanjang dari ummatku.

Shalat tarawih pada malam ke 23:
Allah SWT membangunkan untuknya sebuah kota didalam Surga.

*

Pada hari kedua puluh empat :
Kalian tidak akan keluar dari dunia kecuali kalian melihat kedudukannya di surga; setiap kalian diberi pahala seribu orang yang sakit, seribu pahala orang yang merantau untuk mentaati Allah Azza wa Jalla; kalian diberi pahala seribu pembebasan dari keturunan nabi Ismail (as).

Shalat tarawih pada malam ke 24:
ia memperoleh dua puluh empat do’a yang dikabulkan.

*

Pada hari kedua puluh lima :
Allah Azza wa Jalla membangunkan untuk kalian di bawah Arasy seribu menara hijau, di atas setiap menara terdapat kemah dari cahaya, dan Allah Tabaraka wa ta’ala berfirman: “Wahai ummat Muhammad, Aku adalah Tuhan dan kalian adalah hamba-Ku, bernaunglah kalian di bawah Arasy-Ku di menara-menara ini, makan dan minumlah sepuas kalian, jangan takut dan jangan sedih; wahai ummat Muhammad, demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan mengirim kalian ke surga, kalian akan dibanggakan oleh orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir, Aku akan memberikan pada setiap kalian seribu mahkota dari cahaya, kendaraan onta yang Kuciptakan dari cahaya, tali kendalinya dari cahaya dan pada tali kendali itu terdapat seribu lingkaran yang terbuat dari emas, dan pada setiap lingkaran berdiri malaikat, dan setiap malaikat memegang tongkat dari cahaya sehingga kalian memasuki surga tanpa dihisab”.

Shalat tarawih pada malam ke 25:
Allah SWT menghapuskan darinya azab kubur.

*

Pada hari kedua puluh enam :
Allah swt memandang kalian dengan kasih sayang-Nya, kemudian mengampuni semua dosa kalian kecuali sogokan dan hartanya; Allah swt mensucikan rumah kalian setiap hari tujuh puluh ribu kali dari ghibah dan dusta.

Shalat tarawih pada malam ke 26:
Alah SWt mengangkat pahalanya selama Empat Puluh Tahun.

*

Pada hari kedua puluh tujuh :
Kalian seperti menolong setiap mukmin dan mukminah, memberi pakaian pada tujuh puluh ribu orang yang telanjang, membantu seribu orang yang menjalin tali persaudaraan; kalian seperti membaca semua kitab yang diturunkan oleh Allah Azza wa Jalla kepada para Nabi-Nya.

Shalat tarawih pada malam ke 27:
ia dapat melewati Shirath (Jembatan kecil seperti rambut dibelah tujuh diatas jurang Neraka Jahanam) pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.

*

Pada hari kedua puluh delapan :
Allah Azza wa Jalla menjadikan bagi kalian di surga Al-Khuld seratus ribu kota dari cahaya, memberi kalian di surga Al-Ma’wa seratus ribu istana dari perak; memberi kalian di surga Al-Jalal tiga ratus ribu mimbar (tempat yang tinggi) yang terbuat dari misik, di setiap mimbar seribu rumah dari za’faran, di setiap rumah terdapat tempat tidur yang terbuat dari permata putih dan permata merah, dan di setiap tempat tidur disiapkan pasangan bidadari.

Shalat tarawih pada malam ke 28:
Allah SWT mengangkat baginya seribu derajat dalam Surga.

*

Pada hari kedua puluh sembilan :
Allah Azza wa Jalla memberi kalian beribu-ribu kediaman dan di setiap kediaman terdapat menara putih, di setiap menara terdapat tempat tidur dari kafur putih dilengkapi dengan seribu permadani dari sutera hijau, di setiap permadani disiapkan bidadari yang dihiasi dengan tujuh puluh ribu hiasan, di kepalanya seribu hiasan dari permata putih dan permata merah.

Shalat tarawih pada malam ke 29:
Allah SWT memberinya pahala Seribu Haji yang diterima.

*

Pada hari ketiga puluh :
Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian setiap hari sebelumnya pahala seribu suhada’ dan seribu orang yang benar; Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian seperti beribadah lima puluh tahun; Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian untuk setiap hari seperti puasa dua ribu hari, dan mengangkat derajat kalian setinggi derajat orang-orang yang mulia; Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian keselamatan dari neraka dan melintasi shirath, dan keamanan dari azab. Di surga ada sebuah pintu yang tidak dibuka hingga hari kiamat, kemudian dibukakan untuk orang-orang yang puasa laki-laki dan perempuan dari ummat Muhammad saw; kemudian penjaga surga, malaikat Ridhwan memanggil: “Wahai ummat Muhammad, kamarilah kalian ke pintu ini. Kemudian ummatku masuk ke pintu itu menuju ke surga. Barangsiapa yang tidak diampuni di bulan Ramadhan, maka bulan yang mana ia akan diampuni, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung”.

Shalat tarawih pada malam ke 30:
Allah SWT berfirman: “Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan Surga, mandilah dari air Salsabil dan Minumlah dari Telaga Kautsar.Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku”

*

Sumber:

Puasa: Hadis ini diriwayatkan dari Muhammad bin Ibrahim, dari Ahmad bin Matuwiyah Al-Jurjani, dari Ahmad bin Abdullah, dari Sofyan bin ‘Ayniyah, dari Muawiyah bin Abi Said, dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas. (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah : 81-86)

Tarawih: Dari Ali bin Abi Thalib ra, bahwa dia berkata: “Nabi Muhammad SAW pernah ditanya tentang keutamaan -keutamaan Shalat Tarawih di bulan Ramadhan, kemudian Beliau bersabda:” (seperti diatas).

shalat ruku sujud

*****

IslamIsLogic.wordpress.com
fb.com/IslamIsLogic

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Ilmu dan Islam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s